Apa itu Bank Sentral, Tujuan dan Tugasnya

Apa itu Bank Sentral, Berikut Adalah Tujuan dan Tugasnya

Pada umumnya Bank Sentral atau BI di suatu negara adalah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter atau keuangan di suatu negara misalnya negara Indonesia. BI telah mampu menjaga stabilitas nilai uang secara maksimal dari perbankan dan juga sistem keuangan secara keseluruhan.

Di negara Indonesia Bank Indonesia menyelenggarakan fungsi dari BI. Jadi segala hal yang bermasalah terkait keuangan maka Bank Indonesia yang mengaturnya.

Mengenal Apa itu Bank Sentral

Bank sentral merupakan sebuah lembaga besar yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan nilai mata uang rupiah di negara Indonesia. Jadi jika terdapat sebuah permasalahan terkait dengan nilai mata uang seperti inflasi hal ini menjadi tanggung jawab oleh Bank Indonesia dari BI.

Banyaknya uang yang beredar di negara maka BI akan menggunakan instrumen dan otoritas yang dimilikinya terkait kestabilan nilai mata uang rupiah di Indonesia.

Bank Sentral perusahaan membangun kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan dan perekonomian di Indonesia. Sedangkan Bank Indonesia sudah menempuh langkah restrukturisasi perbankan.

Bank Indonesia mutlak perlu untuk memfungsikan perbankan sebagai lembaga perantara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu sekaligus juga bisa meningkatkan efektivitas melaksanakan kebijakan moneter.

Dengan memahami apa itu bank Sentral, berikut adalah tujuan adanya Bank Sentral

Tujuan Adanya Bank Sentral

Dengan adanya tujuan Bank ini pemerintah berharap dapat mencapai dan mampu menjaga kestabilan nilai rupiah dalam kapasitasnya sebagai BI.

Dengan adanya BI maka ada dua aspek untuk stabilitas nilai rupiah yaitu nilai barang dan jasa thanks kestabilan mata uang dengan negara lain.

Agar bisa mencapai tujuan maka Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yaitu tiga bidang tugasnya. Harapan dari tujuan ini adalah mencapai dan memelihara kestabilan rupiah bisa tercapai seterah efektif dan efisien.

Singkatnya tujuan adanya Bank Indonesia adalah :

  • Mencapai dan Memelihara Kestabilan Nilai Rupiah
  • Menetapkan dan Melaksanakan Kebijakan Moneter
  • Menjaga serta Mengatur Kelancaran Sistem Pembayaran Stabilitas Sistem Keuangan.

Takutlah tiga tujuan dengan adanya bank sentral di negara. Apa saja tugas dari bank sentral dalam sebuah negara?

Tugas Bank Sentral

Seperti penjelasan singkat di atas bahwa bank Indonesia memiliki tanggung jawab yang harus dilakukan dengan baik yaitu

  • Menetapkan dan menjalankan kebijakan moneter.
  • Menjaga kelancaran sistem pembayaran.
  • Menjaga tingkat kestabilan sistem keuangan.

Setelah anda memahami Bank di atas juga maka berikut adalah tugas dari Bank tersebut yang harus anda ketahui :

1. Menetapkan dan Melaksanakan Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter harus dilakukan untuk mengendalikan kan persebaran jumlah mata uang pada suatu wilayah sehingga semua harga produk barang dan jasa bisa terkendali.

Dalam menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Maka dari itu Bank Indonesia harus bisa bekerja sama dengan pihak pemerintah yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan fiskal beberapa kebijakan ekonomi lain.

2. Mengatur dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran

Bank Sentral bertugas mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran seperti sistem pembayaran tunai dan nontunai. Bank BRI sehingga penuh untuk Bank Indonesia dalam membuat aturan standar serta kesepakatan dan prosedur dalam mengatur peredaran uang.

3. Mengatur dan Mengawasi Perbankan

Bank Indonesia melakukan pengawasan makroprudensial untuk menjaga stabilitas keuangan yang berlaku di sebuah negara Indonesia. Maksud dari kebijakan makroprudensial adalah kebijakan yang disusun untuk memberikan batasan kepada resiko serta bahaya krisis agar tetap bisa menjaga keseimbangan sistem keuangan di Indonesia.